Level 2
Level 1

Pendahuluan


6 words 0 ignored

Ready to learn       Ready to review

Ignore words

Check the boxes below to ignore/unignore words, then click save at the bottom. Ignored words will never appear in any learning session.

All None

Ignore?
Pembahasan
Pendahuluan, Dasar-Dasar Pengetahuan, Pengetahuan, Metode Ilmiah, Struktur Pengetahuan Ilmiah, Sarana Berfikir Ilmiah, Ilmu dan Teknologi, Ilmu dipandang dari Aspek Moral, Sosial, dan Politik.
Filsafat dimulai dengan
Pengetahuan dimulai dengan rasa ingin tahu, kepastian dimulai dengan ragu-ragu, dan filsafat dimulai dengan kedua-duanya.
Berfilsafat didorong oleh
Keinginan untuk mengetahui apa yang telah diketahui dan apa yang belum diketahui.
Berfilsafat berarti
1. Berendah hati bahwa tidak semuanya akan pernah diketahui dalam kesemestaan yang seakan tak terbatas ini. 2. Mengoreksi dir, semacam suatu keberanian untuk berterus terangm seberapa jauh sebenarnya kebenaran yang dicari telah terjangkau.
Orientasi filsafat melalui jalur sejarah, filsafat terbagi dalam
(1) Filsafat Yunani Kuno dan Abad Pertengahan (2) Filsafat Modern (3) Filsafat Kontemporer
Hasil pengamatan menunjukkan, bahwa dari sepanjang sejarah filsafat, ternyata terlihat adanya pergeseran fokus pertanyaan. Berdasarjan pergeseran fokus pertanyaan tsb, sejarah filsafat dapat dibagi dalam
(1)Tahap Filsuf Alam (2)Tahap Filsuf Manusia (3)Tahap Filsuf Skolastik (4)Tahap Filsuf Modern (5)Tahap Perkembangan Ilmu Alam (6)Tahap Simbul